rotijagung2 dpnPuluhan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Grobogan, Kamis (5/11) mendapat pelatihan membuat aneka makanan dari bahan utama tepung jagung. Kegiatan Demontrasi dan Sosialisasi Model Pengembangan Pangan Pokok Lokal (MP3L) yang dilangsungkan di ruang Riptaloka itu diselenggarakan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan BKP Grobogan.

Dalam kegiatan tersebut, para anggota KWT diajari langsung cara mengolah tepung jagung menjadi pie dan makanan kering lainnya. Pelatihan itu diajarkan oleh Dwi Susanto, ahli masak berpengalaman yang tergabung dalam Asosisasi Chef Indonesia (ICA).

Kabid Pengolahan dan Penganekaragaman Pangan BKP Provinsi Jawa Tengah Krisnawati Ekananta Utoyo mengatakan, kegiatan Demontrasi dan Sosialisasi MP3L sudah dilakukan sejak 2013 lalu. Dimulai dari Kebumen, Temanggung, dan Wonogiri pada 2013. Kemudian tahun 2014 di Kabupaten Pati dan di Kabupaten Grobogan tahun 2015 ini.

“Saat ini pemprov sudah mengupayakan pengalihan pada bahan pangan alternatif. Ditambahkan, Salah satunya adalah dari bahan tepung jagung. Kalau diolah dengan baik dan tepat, tepung jagung pasti lebih enak dari pada menggunaan gandum,” jelas Krisnawati didampingi Kepala BKP Grobogan Muhammad Hidayat.

Ia menambahkan, banyaknya penggunaan beras dan gandum sebagai bahan makanan perlu diubah. Sebab, jika terus menerus dilakukan maka dalam jangka panjang ketahanan pangan akan sedikit terancam. Dan pemerintah pun terpaksa melakukan impor untuk mencukupi kebutuhan itu.Melihat kondisi itu, masyarakat perlu dilatih untuk mengolah makanan dengan pangan alternatif selain beras dan gandum. DNA

rotijagung1

rotijagung2