Komposisi penduduk Kabupaten Grobogan Tahun 2010 menunjukkan bahwa jumlah penduduk pada kelompok umur 10-14 tahun mempunyai jumlah terbesar yaitu sebesar 9,52%. Hal ini dapat dilihat dalam tabel Struktur Usia Penduduk di bawah ini :

 

Tabel : Struktur Usia Penduduk Kabupaten Grobogan Tahun 2010

Tabel-Struktur-Usia-Penduduk

Sumber : Dispendukcapil dan BPS Kabupaten Grobogan.

 

 

Untuk lebih jelasnya secara grafis, komposisi penduduk Kabupaten Grobogan Tahun 2010 menurut kelompok umur, dapat dilihat pada grafik berikut.

Grafik-Piramida-Penduduk

Grafik : Piramida Penduduk Kabupaten Grobogan Tahun 2010

 

Dilihat dari grafik di atas, kelompok umur usia produktif lebih besar dibandingkan dengan jumlah penduduk usia tidak produktif.  Apabila dilihat dari komposisi usia produktif yaitu 15 – 65 tahun dan usia tidak produktif ( 0 – 14 tahun dan 65 tahun keatas) maka dapat diketahui angka ketergantungan (dependency ratio).

 

Dari hasil olahan data dalam tabel di atas, dapat diketahui nilai Dependency Ratio sebesar 51, artinya bahwa tiap 100 jiwa penduduk usia produktif akan menanggung beban 51 jiwa penduduk yang tidak produktif.

 

Oleh karena itu, Angka Beban Tanggungan Kabupaten Grobogan dikategorikan sedang. Kategorisasi angka beban tanggungan ini menurut Kasnawi dan Mangunrai (1996: 140) yaitu :

 

1) Angka Beban Tanggungan Tinggi        : ≥ 70

2) Angka Beban Tanggungan Sedang      : 51 – 69

3) Angka Beban Tanggungan Rendah      : ≤ 50